Syarat dan Ketentuan Dhanapala

Syarat dan Ketentuan yang ditetapkan di bawah ini mengatur pemakaian jasa yang ditawarkan oleh PT Semangat Gotong Royong terkait penggunaan situs dan/atau aplikasi gawai https://www.dhanapala.id/. Pengguna disarankan membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna di bawah hukum.

Dengan mendaftar dan/atau menggunakan situs dan/atau aplikasi gawai https://www.dhanapala.id/, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat dan Ketentuan ini. Syarat dan ketentuan ini merupakan bentuk kesepakatan yang dituangkan dalam sebuah perjanjian yang sah antara Pengguna dengan PT Semangat Gotong Royong. Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian, atau seluruh isi Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan situs dan/atau aplikasi gawai https://www.dhanapala.id/.

  1. DEFINISI
    1. Dhanapala adalah PT Semangat Gotong Royong, merupakan suatu perusaahan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan(“OJK”) sebagai Penyelenggara Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi (“LPMUBTI”) berdasarkan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 77/POJK.01/2016 yang mengatur bidang usaha LPMUBTI. Dhanapala juga secara resmi telah mendapatkan perizinan penuh dari OJK pada tanggal 14 April 2021 dengan surat tanda berizin nomor KEP-50/D.05/2021.
    2. Situs/Aplikasi adalah portal web dan/atau versi mobile dari portal web yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Dhanapala yang saat ini terletak di dan dapat diakses pada URL berikut: https://www.dhanapala.id/ berikut perubahan URL tersebut dari waktu ke waktu, dan/atau aplikasi mobile darihttps://www.dhanapala.id/ yang dibuat, dimiliki dan dioperasikan oleh Dhanapala, termasuk Android atau iOS berikut perubahannya dari waktu ke waktu.
    3. Pengguna adalah pihak yang menggunakan layanan Dhanapala, termasuk namun tidak terbatas pada Pendana, Peminjam, maupun pihak lain yang sekedar berkunjung ke Situs/Aplikasi.
    4. Pendana adalah pihak yang memanfaatkan fasilitas atau fitur yang disediakan oleh Dhanapala melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada melakukan penyaluran fasilitas Pinjaman kepada Peminjam.
    5. Peminjam adalah pihak yang memanfaatkan fasilitas atau fitur yang disediakan oleh Dhanapala melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada mengajukan atau menerima fasilitas Pinjaman yang disalurkan oleh Pendana berdasarkan Perjanjian Pinjaman dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    6. Pinjaman adalah sejumlah dana yang ditempatkan oleh Pendana pada Rekening Dhanapala, yang selanjutnya diteruskan dan diterima oleh Peminjam sebagai suatu utang berdasarkan Permintaan Pinjaman yang diajukan oleh Peminjam melalui Situs/Aplikasi, yang merupakan objek dari Perjanjian Pinjaman antara Pendana dan Peminjam.
    7. Perjanjian Pinjaman adalah perjanjian tertulis yang disepakati antara Pendana dan Peminjam yang mengatur mengenai syarat dan ketentuan atas pemberian Pinjaman dari Pendana kepada Peminjam, yang dapat diakses Pendana dan/atau Peminjam pada masing-masing akun di Situs/Aplikasi, dengan mengajukan permintaan terlebih dahulu melalui layanan Pengguna.
    8. Perjanjian Penyaluran Fasilitas Pinjaman adalah perjanjian tertulis yang disepakati antara Dhanapala dan Pendana, termasuk namun tidak terbatas yang mengatur mengenai penyediaan Situs/Aplikasi oleh Dhanapala kepada Pendana untuk dapat melakukan penempatan dana Pendana sebagai Pinjaman yang selanjutnya diteruskan kepada Peminjam.
    9. Permintaan Pinjaman adalah permintaan yang diajukan oleh Peminjam melalui Situs/Aplikasi dengan mencantumkan informasi sehubungan Pinjaman yang diajukan.
    10. Tagihan adalah sejumlah nominal yang wajib dibayarkan oleh Peminjam kepada Pendana melalui Situs/Aplikasi sebagai pembayaran kembali atau pelunasan atas Pinjaman sesuai dengan tagihan yang diterbitkan oleh Dhanapala kepada Peminjam.
    11. Rekening Dhanapala adalah rekening bersama yang disepakati oleh Dhanapala dan Pengguna untuk proses transaksi di Situs/Aplikasi. Rekening resmi Dhanapala dapat ditemukan DISINI.
    12. Hari Kerja adalah hari (selain Sabtu, Minggu, atau hari libur nasional) ketika bank komersial melaksanakan bisnis di Indonesia.
    13. Ketentuan Situs adalah Syarat dan Ketentuan ini, Kebijakan Privasi, dan setiap syarat dan ketentuan lain yang dapat berlaku untuk atau sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi dan seluruh fitur yang terdapat di dalamnya.
    14. Kebijakan Privasi adalah kebijakan terkait data pribadi Pengguna dalam penggunaan Situs/Aplikasi yang dapat dilihat DISINI.
    15. Syarat dan Ketentuan adalah syarat dan ketentuan untuk penggunaan Situs/Aplikasi.
  2. AKUN, PASSWORD DAN KEAMANAN
    1. Pengguna yang ingin mendaftarkan diri pada Situs/Aplikasi harus mencantumkan dokumen yang dipersyaratkan, sebagai berikut:
      1. Nama lengkap;
      2. Email; dan
      3. Nomor handphone.
    2. Pengguna menjamin keabsahan dari dokumen sesuai dengan poin 1 di atas, yang dicantumkan/diunggah pada saat melakukan pendaftaran di Situs/Aplikasi.
    3. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Pengguna adalah pihak yang cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya dalam sebuah perjanjian yang sah menurut hukum.
    4. Dhanapala tidak memungut biaya pendaftaran kepada Pengguna.
    5. Pengguna yang telah mendaftar berhak dan dapat memilih untuk bertindak sebagai:
      1. Pendana; atau
      2. Peminjam
    6. Dhanapala memiliki kewenangan untuk menutup akun Pengguna, baik sementara maupun permanen apabila didapati adanya tindakan kecurangan dalam penggunaan Situs/Aplikasi dan/atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan. Pengguna menyetujui bahwa Dhanapala berhak melakukan tindakan lain yang diperlukan terkait hal tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada menolak pengajuan pembukaan akun yang baru apabila ditemukan indikasi kecurangan dimaksud sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh Dhanapala.
    7. Pengguna dilarang untuk menciptakan dan/atau menggunakan perangkat, software, fitur dan/atau alat lainnya yang bertujuan untuk melakukan manipulasi pada Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada: (i) manipulasi data akun, pemberian dan/atau pengajuan Pinjaman; (ii) kegiatan peramban (crawling/scraping); (iii) kegiatan otomatisasi dalam penggunaan Situs/Aplikasi, dsb; dan/atau (iv) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai oleh Dhanapala sebagai tindakan manipulasi sistem.
    8. Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
    9. Dhanapala tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode One Time Password (OTP) milik akun Pengguna untuk alasan apapun. Oleh karena itu, Dhanapala menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Dhanapala atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
    10. Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Dhanapala jika ada penggunaan tanpa izin atas password atau akun Pengguna.
    11. Pengguna dengan ini menyatakan bahwa Dhanapala tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada meminjamkan atau memberikan akses akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi atau OTP, password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
    12. Kecuali diatur lain, fasilitas yang disediakan oleh Dhanapala melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada fasilitas Pinjaman yang disalurkan oleh Pendana kepada Peminjam melalui Situs/Aplikasi, atau fasilitas lainnya yang akan diinformasikan dari waktu ke waktu.
    13. Pengguna memahami sepenuhnya dan menyetujui bahwa segala aktivitas sehubungan dengan Pinjaman (pemberian, permintaan atau hal lainnya) yang dilakukan antara Pendana dan Peminjam selain melalui Situs/Aplikasi dan/atau tanpa sepengetahuan Dhanapala (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan Pinjaman diluar Situs atau upaya lainnya) adalah merupakan tanggung jawab pribadi dari Pengguna.
  3. KELAYAKAN PEMINJAM
    1. Pengguna yang ingin mengajukan sebagai Peminjam pada Situs/Aplikasi harus mencantumkan dokumen yang dipersyaratkan, termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. Kartu Tanda Penduduk (“KTP”);
      2. Swafoto/selfie calon Peminjam bersama dengan KTP;
      3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
      4. Nama bank penerbit dan nomor rekening bank; dan
      5. Penghasilan, minimal 3 (tiga) bulan terakhir.
    2. Peminjam memahami dan menyetujui bahwa Dhanapala berwenang untuk menentukan Peminjam dapat mengajukan Pinjaman melalui Situs/Aplikasi atau tidak.
    3. Peminjam memahami dan menyetujui bahwa Dhanapala berwenang untuk menentukan kelayakan kredit (creditworthiness) dari Peminjam atas penerimaan suatu Pinjaman.
    4. Ketentuan atas penyediaan Pinjaman melalui Situs/Aplikasi akan tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, setiap perjanjian yang mengikat Peminjam, Pendana, dan Dhanapala, serta ketentuan hukum yang berlaku.
    5. Kecuali diatur lain, layanan yang disediakan oleh Dhanapala melalui Situs/Aplikasi dapat termasuk namun tidak terbatas pada penyaluran fasilitas Pinjaman oleh Pendana kepada Peminjam, atau fasilitas lainnya yang akan diinformasikan kepada Pengguna.
    6. Apabila terdapat Permintaan Pinjaman, maka Dhanapala akan melakukan analisis dan penilaian yang dapat dilakukan sendiri atau bersama-sama dengan pihak ketiga (apabila diperlukan) atas Peminjam tersebut.
    7. Peminjam memahami dan menyetujui bahwa dalam melakukan analisis dan penilaian tersebut, Dhanapala dapat dan berhak menyimpan dan memberikan informasi serta dokumen persyaratan sebagaimana dimaksud angka 1 di atas, kepada pihak-pihak yang membantu dan/atau bekerja sama dengan Dhanapala dalam melakukan analisis dan penilaian tersebut.
    8. Selama proses analisis dan penilaian, Dhanapala dapat menghubungi lembaga, perusahaan, atau individu terkait untuk mencari informasi, melakukan verifikasi, dan konfirmasi informasi terkait Peminjam, termasuk namun tidak terbatas pada catatan permasalahan hukum yang pernah dilakukan atau sedang dialami oleh Peminjam dan/atau pinjaman yang sedang berjalan pada pihak lain atau sudah lunas. Peminjam memahami dan menyetujui untuk memberikan izin dan kuasa kepada Dhanapala dalam melakukan hal-hal tersebut.
    9. Atas hasil analisis dan penilaian yang dilakukan oleh Dhanapala baik secara sendiri atau bersama-sama dengan pihak ketiga (apabila diperlukan), maka Dhanapala akan menginformasikan kepada Peminjam terkait hasil analisis dan penilaian atas pengajuan Permintaan Pinjaman yang telah diajukan oleh Peminjam melalui Situs/Aplikasi.
    10. Apabila Permintaan Pinjaman ditolak oleh Dhanapala, maka Peminjam dapat mengajukan kembali Permintaan Pinjaman minimal 3 (tiga) bulan setelah pengajuan sebelumnya ditolak.
    11. Apabila Permintaan Pinjaman ditolak oleh Dhanapala dikarenakan adanya Pinjaman yang sedang berjalan, maka Peminjam dapat mengajukan kembali Permintaan Pinjaman setelah melakukan pembayaran kembali sebanyak 3 (tiga) bulan berturut-turut terhitung sejak pengajuan Permintaan Pinjaman yang kedua ditolak atau pelunasan atas Tagihan.
  4. KELAYAKAN PENDANA
    1. Bagi Pengguna yang merupakan individu atau perseorangan dan ingin mengajukan sebagai Pendana pada Situs/Aplikasi harus mencantumkan dokumen yang dipersyaratkan, termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. Kartu Tanda Penduduk (“KTP”);
      2. Swafoto/selfie calon Pendana bersama dengan KTP;
      3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP); dan
      4. Nama bank penerbit dan nomor rekening bank.
    2. Bagi Pengguna yang merupakan badan hukum dan ingin mengajukan sebagai Pendana pada Situs/Aplikasi harus mencantumkan dokumen yang dipersyaratkan, termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. KTP dari pimpinan badan hukum atau pihak yang berwenang mewakili badan hukum;
      2. Akta pendirian Badan Hukum;
      3. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP);
      4. Nama bank penerbit dan nomor rekening bank;
      5. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP); dan
      6. Surat Keterangan Domisili Perusahaan (SKDP).
    3. Pendana memahami dan menyetujui bahwa Dhanapala berwenang untuk menentukan Pendana dapat menyalurkan fasilitas Pinjaman kepada Peminjam melalui Situs/Aplikasi atau tidak.
    4. Pendana memahami dan menyetujui bahwa Pendana harus menyetujui Perjanjian Penyaluran Fasilitas Pinjaman sebelum dapat memberikan Pinjaman melalui Situs/Aplikasi.
    5. Pendana memahami dan menyetujui bahwa Dhanapala berhak dari waktu ke waktu dapat melakukan perubahan atas Perjanjian Penyaluran Fasilitas Pinjaman, termasuk namun tidak terbatas pada menambahkan maupun mengurangi isi dan bagian dari Perjanjian Berlangganan yang mengikat Pendana dengan Dhanapala, dengan melakukan pemberitahuan kepada Pendana. Perubahan atas Perjanjian Penyaluran Fasilitas Pinjaman akan berlaku seketika dan efektif mengikat bagi Pendana pada saat Dhanapala melakukan pemberitahuan dan/atau menampilkannya dalam Situs/Aplikasi.
    6. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs/Aplikasi, maka Pendana menyetujui perubahan-perubahan dalam Perjanjian Penyaluran Fasilitas Pinjaman tersebut. Apabila Pendana menolak/tidak setuju atas perubahan Perjanjian Penyaluran Fasilitas Pinjaman tersebut, maka Pendana memahami dan menyetujui untuk memberitahukan kepada Dhanapala dan karenanya Perjanjian Penyaluran Fasilitas Pinjaman akan diakhiri dengan segala akibatnya sebagaimana dimaksud dalam Perjanjian Berlangganan.
  5. PERMINTAAN PINJAMAN
    1. Peminjam harus mengajukan Permintaan Pinjaman apabila ingin mendapatkan Pinjaman dari Pendana melalui Situs/Aplikasi.
    2. Peminjam menjamin keabsahan dari dokumen dan informasi yang diunggah atau dicantumkan pada formulir daring yang telah disediakan pada saat melakukan Permintaan Pinjaman.
    3. Peminjam harus menentukan besaran nominal Pinjaman dan jangka waktu untuk pembayaran kembali atau pelunasan atas Pinjaman.
    4. Dhanapala tidak bertanggungjawab atas kesalahan atau kelalaian dari Peminjam dalam mencantumkan besarnya nominal Pinjaman dan pemilihan jangka waktu pembayaran kembali atau pelunasan Pinjaman dalam Permintaan Pinjaman.
    5. Permintaan Pinjaman bukanlah persetujuan untuk menambah jumlah Pinjaman kepada Peminjam melalui siapapun. Permintaan Pinjaman hanya merupakan permintaan komitmen dana untuk dipinjam oleh Peminjam.
    6. Setelah pengajuan Permintaan Pinjaman disetujui, maka Peminjam setuju dan sepakat untuk mengikatkan diri dalam Perjanjian Pinjaman dan dokumen lain yang terkait fasilitas Pinjaman (sebagaimana disyaratkan) dalam jangka waktu yang ditentukan oleh Dhanapala. Peminjam dengan ini setuju bahwa kegagalan dalam mengikatkan diri dalam Perjanjian Pinjaman atau dokumen lain terkait dalam jangka waktu tersebut berakibat pada tidak berlakunya persetujuan Dhanapala atas Permintaan Pinjaman terkait.
    7. Apabila Permintaan Pinjaman telah disetujui, maka jumlah maksimal Pinjaman yang dapat diberikan kepada Peminjam adalah sesuai dengan nominal yang tertera pada Permintaan Pinjaman.
  6. PENGAKUAN
    1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Dhanapala tidak pernah:
      1. Menjalankan kegiatan usaha selain LPMUBTI sebagaimana diatur dalam ketentuan hukum yang berlaku dan aturan lainnya mengenai penyelenggaraan LPMUBTI di kemudian hari;
      2. Menghimpun dana serta menyelenggarakan simpanan dalam bentuk apapun, termasuk namun tidak terbatas pada giro, deposito, sertifikat deposito, tabungan dan atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu;
      3. Bertindak sebagai Peminjam atau Pendana;
      4. Memihak salah satu pihak, baik Peminjam maupun Pendana dalam Perjanjian Pinjaman; atau
      5. Menyediakan jasa peringkat kredit atau bentuk kegiatan lainnya yang dipersamakan dengan itu sebagaimana diatur oleh instansi pemerintah yang berwenang.
    2. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Dhanapala hanya sebagai fasilitator dan bersifat administratif yang mengatur pengikatan antara Peminjam dan Pendana ke dalam Perjanjian Pinjaman.
    3. Apabila di kemudian hari, tanda daftar dan/atau perizinan Dhanapala untuk menyelenggarakan LPMUBTI dicabut atau terdapat perubahan-perubahan yang diatur oleh OJK dan/atau instansi yang berwenang lainnya, yang mengakibatkan Perjanjian Pinjaman menjadi tidak berlaku, maka Peminjam tetap berkewajiban untuk melakukan pembayaran kembali atau pelunasan atas Tagihan sesuai dengan kewajiban yang tercantum dalam Perjanjian Pinjaman.
    4. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Perjanjian Pinjaman merupakan kesepakatan antara Peminjam dengan Pendana sehingga segala risiko yang timbul dari kesepakatan antara Peminjam dan Pendana ke dalam fasilitas Pinjaman terkait dan/atau ke dalam alternatif pendanaan lainnya yang dipilih oleh Pendana ditanggung sepenuhnya oleh masing-masing pihak, termasuk namun tidak terbatas pada risiko kredit atau gagal bayar dan seluruh kerugian dari atau terkait dengan kesepakatan tersebut ditanggung oleh Pendana tanpa adanya lembaga, instansi pemerintah, atau pihak manapun yang bertanggungjawab atas risiko gagal bayar dan kerugian tersebut.
  7. PENGGUNAAN DATA PRIBADI
    • Pengguna menyetujui bahwa Dhanapala dapat mengumpulkan, menyimpan, memproses, membuka informasi, mengakses, mengkaji, dan/atau menggunakan data pribadi terkait dengan Pengguna, baik yang didapatkan melalui Pengguna ataupun melalui sumber lain yang sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku dan Pengguna menyatakan setuju dengan ketentuan data pribadi yang diatur dalam Kebijakan Privasi, sebagaimana telah dibaca dan dipahami oleh Pengguna yang tersedia pada Situs/Aplikasi.
  8. PEMBAYARAN TAGIHAN
    1. Pembayaran kembali Pinjaman berdasarkan Tagihan yang diterima oleh Peminjam termasuk namun tidak terbatas pada pokok Pinjaman, bunga, denda keterlambatan, biaya awal, biaya fasilitas, biaya admin, biaya penagihan, dan biaya lain-lain (apabila ada sebagaimana disepakati dalam Perjanjian Pinjaman), harus dilakukan sesuai dengan tanggal jatuh tempo Tagihan dan sesuai dengan jangka waktu yang telah ditentukan oleh Peminjam pada saat melakukan Permintaan Pinjaman.
    2. Apabila Peminjam tidak melakukan pembayaran kembali atau pelunasan atas Pinjaman berdasarkan Tagihan pada tanggal jatuh tempo, maka Dhanapala akan memberikan peringatan kepada Peminjam. Dalam hal Peminjam tidak melakukan pembayaran kembali atau pelunasan atas Tagihan setelah diberikannya peringatan, maka Peminjam dinyatakan wanprestasi. Atas dasar wanprestasi, maka Pendana sendiri maupun melalui Dhanapala dapat melakukan penjadwalan ulang (rescheduling), persyaratan kembali (reconditioning) dan/atau restrukturisasi (restructuring) skema pembayaran kembali atau pelunasan atas Pinjaman, termasuk namun tidak terbatas pada melakukan tindakan hukum dalam proses penyelesaian pembayaran Pinjaman.
    3. Pendana memahami dan menyetujui bahwa setiap pajak yang timbul dari Pinjaman melalui Situs/Aplikasi, yaitu pajak atas pembayaran bunga (Pph 23) yang diterima dari Peminjam, menjadi tanggung jawab dari Pendana untuk melaporkan dan membayarkannya. Dhanapala dibebaskan dari kewajiban serta tidak bertanggung jawab atas segala pemotongan/pemungutan, pembayaran dan pelaporan segala kewajiban perpajakan Pendana yang timbul dari Pinjaman, kecuali jika dipersyaratkan oleh peraturan perundang-undangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
  9. PENARIKAN DANA PENDANA
    1. Penarikan dana sesama bank antara Rekening Dhanapala dan rekening Pendana akan diproses dalam waktu 1x24 jam Hari Kerja, sedangkan penarikan dana antar bank akan diproses dalam waktu 2x24 jam Hari Kerja.
    2. Untuk penarikan dana dengan tujuan nomor rekening di luar bank BNI, apabila terdapat biaya tambahan yang dibebankan oleh mitra Bank, maka akan menjadi tanggungan dari Peminjam.
    3. Dalam hal ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan ini, kecurangan, manipulasi atau kejahatan, Pendana memahami dan menyetujui bahwa Dhanapala berhak melakukan tindakan pemeriksaan, pembekuan, penundaan dan/atau pembatalan terhadap penarikan dana yang dilakukan oleh Pendana.
    4. Pemeriksaan, pembekuan dan/atau penundaan penarikan dana sebagaimana dimaksud dalam poin 3 diatas dapat dilakukan dalam jangka waktu selama yang diperlukan oleh Dhanapala.
  10. PEMBAHARUAN DATA PENGGUNA
    1. Dhanapala dapat dari waktu ke waktu melakukan modifikasi/perubahan atas data Pengguna yang terdapat dalam database Dhanapala, termasuk namun tidak terbatas pada pembaharuan informasi Pengguna, data pribadi, dan/atau mengunggah dokumen tambahan yang berkaitan dengan data Pengguna. Dhanapala akan melakukan pemberitahuan kepada Pengguna dalam kurun waktu tertentu sebagaimana ditentukan Dhanapala untuk menerima atau menolak modifikasi/perubahan tersebut.
    2. Pengguna dianggap memahami dan menyetujui, apabila tidak memberikan respon atau tanggapan atas pemberitahuan modifikasi/perubahan data Pengguna dalam periode yang telah ditentukan oleh Dhanapala.
    3. Pengguna dapat mengajukan modifikasi/perubahan atas data dan/atau informasi yang telah dicantumkan atau diunggah, termasuk namun tidak terbatas pada alamat, pendidikan, pekerjaan, dan/atau status perkawinan, sesuai dengan ketentuan pada Prosedur Manajemen Data Pribadi yang dapat dilihat DISINI.
  11. PEMBERIAN KUASA
    • Pengguna memberikan kuasa yang tidak dapat dibatalkan kepada Dhanapala untuk:
    1. Melaksanakan pengecekan dan penilaian kredit terhadap Peminjam, termasuk namun tidak terbatas pada melakukan penilaian atau validasi terhadap setiap data pribadi dan dokumen atau informasi apapun yang diperoleh dari atau diinformasikan oleh Peminjam;
    2. Mendapatkan dan melakukan verifikasi informasi mengenai Pendana dan/atau Peminjam, sesuai dengan pertimbangan dari Dhanapala;
    3. Menggunakan semua sumber relevan, yang dapat digunakan oleh Dhanapala, untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh Dhanapala terkait dengan fasilitas Pinjaman yang diberikan; dan
    4. Melaksanakan segala tindakan-tindakan dari Pendana sebagaimana yang dimaksud pada Perjanjian Penyaluran Fasilitas Pinjaman.
  12. PENOLAKAN JAMINAN DAN BATASAN TANGGUNG JAWAB
    1. Situs/Aplikasi adalah portal web dengan model peer to peer platform, yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat menjadi Pendana maupun Peminjam di Situs/Aplikasi. Dengan demikian, transaksi yang terjadi adalah transaksi antar Pengguna, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Dhanapala secara proporsional adalah sebagai penyedia jasa portal web
    2. Pengguna setuju bahwa memanfaatkan Situs/Aplikasi atas risiko Pengguna sendiri, dan Situs/Aplikasi diberikan kepada Pengguna dengan SEBAGAIMANA ADANYA dan SEBAGAIMANA TERSEDIA. Dhanapala akan melakukan upaya yang wajar untuk menjaga keamanan, keandalan, dan berfungsinya Situs/Aplikasi sebagaimana mestinya, kecuali ditentukan lain secara tertulis. Dhanapala tidak membuat pernyataan atau jaminan apapun, baik tersurat maupun tersirat, terkait dengan layanan, informasi, konten, material, produk (termasuk perangkat lunak), fitur atau bentuk layanan lainnya, baik yang telah disediakan pada Situs/Aplikasi, maupun yang akan disediakan di kemudian hari.
    3. Konten pada Situs/Aplikasi disediakan sebagai informasi untuk khalayak publik dan bukan merupakan suatu pemberian rekomendasi dan/atau saran untuk melakukan pendanaan, pinjaman, kredit, pembelian dan/atau penjualan apapun kepada Pengguna.
    4. Dhanapala tidak menyatakan dan menjamin untuk bertanggungjawab atas kehilangan manfaat ekonomi, bisnis/pendapatan atau kerugian, kerusakan, klaim, ongkos, biaya dan/atau beban atau yang diderita oleh Pengguna yang timbul dari hubungan hukum yang secara sukarela dilakukan oleh Pengguna melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada kegagalan Peminjam untuk dapat melakukan pembayaran kembali atau pelunasan atas Pinjaman kepada Pendana.
    5. Dhanapala tidak bertanggungjawab atas setiap konten dan/atau situs pihak ketiga yang diakses oleh Pengguna melalui Situs/Aplikasi dan Dhanapala tidak menyatakan dan menjamin keakuratan daripada fungsi, situs, atau perangkat pihak ketiga manapun yang bekerjasama dengan Dhanapala dan/atau yang dapat diakses melalui Situs/Aplikasi.
    6. Pengguna sebaiknya mendapatkan saran dari profesional mengenai fasilitas Pinjaman, termasuk produk dan layanan yang disediakan dalam Situs/Aplikasi sebelum memutuskan untuk mengikatkan diri, baik sebagai Pendana maupun Peminjam pada Situs/Aplikasi. Pengguna harus mempelajari, mempertimbangkan serta memahami produk dan/atau layanan yang sesuai dengan Pengguna.
    7. Dhanapala, sepanjang diizinkan oleh ketentuan hukum yang berlaku, tidak bertanggungjawab kepada Pengguna yang mengakses Situs/Aplikasi, dalam hal:
      1. terjadi pelanggaran Perjanjian Pinjaman (termasuk namun tidak terbatas pada kelalaian atau pelanggaran kewajiban), untuk (i) terjadinya kehilangan manfaat ekonomi, bisnis atau pendapatan, dan (ii) setiap kerugian, kerusakan, klaim, ongkos, biaya dan/atau beban, secara langsung maupun tidak langsung, yang diderita atau disebabkan oleh Peminjam sebagai hasil atau dalam hubungan dengan ketentuan penyaluran fasilitas Pinjaman;
      2. adanya kegagalan sistem, server, koneksi, gangguan, kesalahan, pelanggaran keamanan, virus komputer, kode berbahaya, penghancur atau perusak, penundaan dalam operasi atau transmisi atau kesalahan transmisi, sehubungan dengan pengaksesan Pengguna pada Situs/Aplikasi dan/atau situs atau konten pihak ketiga yang bekerja sama dengan Dhanapala. Oleh karenanya, Pengguna bertanggungjawab secara penuh untuk melindungi data, peralatan, perangkat yang dimilikinya dan untuk mengambil tindakan yang bertanggungjawab untuk mencegah kegagalan sistem, server, koneksi, gangguan, kesalahan, pelanggaran keamanan, virus komputer, kode berbahaya, penghancur atau perusak, penundaan dalam operasi atau transmisi atau kesalahan transmisi atau hal-hal perusak lainnya;
      3. adanya konsekuensi, kerugian, kerusakan, klaim, ongkos, biaya dan/atau beban, secara langsung maupun tidak langsung, yang diakibatkan oleh adanya gangguan, kerusakan, penundaan, atau error diluar kuasa dan/atau kendali Dhanapala;
      4. adanya konsekuensi, kerugian, kerusakan, klaim, ongkos, biaya dan/atau beban, secara langsung maupun tidak langsung, sehubungan dengan setiap akses konten dan/atau situs pihak ketiga yang diakses oleh Pengguna melalui Situs/Aplikasi; atau
      5. adanya faktor - faktor lainnya yang berada diluar kuasa dan/atau kendali Dhanapala.
    8. Apabila Pengguna memiliki perselisihan dengan satu atau lebih Pengguna lainnya, maka masing-masing Pengguna melepaskan Dhanapala (termasuk namun tidak terbatas pada Induk Perusahaan, Direktur, dan karyawan) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut, termasuk namun tidak terbatas pada kerugian yang timbul dari transaksi yang dilakukan antar Pengguna. Dengan demikian, Pengguna dengan sengaja melepaskan segala perlindungan hukum (yang terdapat dalam undang-undang atau peraturan hukum yang lain) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
  13. GANTI RUGI
    1. Pengguna setuju untuk memberikan ganti rugi kepada Dhanapala (termasuk namun tidak terbatas pada Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) atas semua kerugian, pajak, biaya, biaya hukum, dan kewajiban (saat ini, di masa yang akan datang, kontingensi, atau apapun yang berbasis ganti rugi), yang diderita oleh Dhanapala sebagai hasil atau akibat dari pelanggaran Syarat dan Ketentuan atau perjanjian lainnya terkait yang dilakukan oleh Pengguna dan/atau tindakan yang dilakukan oleh Dhanapala ketika terjadinya pelanggaran Syarat dan Ketentuan oleh Pengguna atau perjanjian lainnya yang terkait.
    2. Pengguna akan melepaskan Dhanapala dari tuntutan ganti rugi dan menjaga Dhanapala (termasuk namun tidak terbatas pada Induk Perusahaan, direktur, dan karyawan) dari setiap klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga yang timbul dalam hal Pengguna melanggar Syarat dan Ketentuan ini, Perjanjian Pinjaman, penggunaan fasilitas Dhanapala yang tidak semestinya dan/atau pelanggaran terhadap ketentuan hukum yang berlaku atau hak-hak pihak ketiga.
  14. KETIADAAN PENGABAIAN HAK DAN KEABSAHAN SEBAGIAN
    1. Kegagalan atau penundaan dalam pelaksanaan suatu hak, kewenangan, atau keistimewaan terkait Syarat dan Ketentuan ini, maka tidak akan dianggap sebagai pengabaian hak dan pelaksanaan satu atau sebagian dari suatu hak, kewenangan atau keistimewaan tidak akan dianggap menghalangi segala konsekuensinya atau kelanjutan pelaksanaan dari suatu hak, kewajiban atau keistimewaan berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.
    2. Apabila salah satu ketentuan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan ini menjadi tidak sah, tidak berlaku atau tidak dapat diberlakukan menurut ketentuan hukum yang berlaku, maka keabsahan atau keberlakuan dari ketentuan-ketentuan lainnya dalam Syarat dan Ketentuan ini, tetap berlaku dan tidak akan terpengaruh atau menjadi lemah karenanya.
  15. PERATURAN YANG BERLAKU DAN PILIHAN HUKUM
    1. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Syarat dan Ketentuan ini akan diatur dan ditafsirkan sesuai dengan ketentuan hukum negara Republik Indonesia;
    2. Pengguna setuju bahwa setiap sengketa, perselisihan, dan perbedaan penafsiran sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan melalui yurisdiksi pengadilan dengan tunduk pada hukum negara Republik Indonesia.
  16. HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL
    1. Nama, logo, merek, desain terdaftar atau segala jenis hak atas kekayaan intelektual lainnya pada Situs/Aplikasi yang dimiliki oleh Dhanapala tetap menjadi hak milik Dhanapala dan akses Pengguna ke Situs/Aplikasi tidak dapat dianggap sebagai pemberian lisensi atau hak apapun untuk menggunakan hak kekayaan intelektual milik Dhanapala.
    2. Pengguna dilarang menggunakan nama, logo, merek, desain terdaftar atau segala jenis hak atas kekayaan intelektual lainnya yang dimiliki Dhanapala tanpa persetujuan tertulis terlebih dahulu dari Dhanapala.
    3. Apabila Pengguna melanggar ketentuan terkait hak kekayaan intelektual ini, maka Pengguna memahami dan menyetujui untuk memberikan ganti rugi kepada Dhanapa berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.
  17. LAYANAN PENGGUNA
    • Pengguna dapat mengajukan dan menyampaikan pertanyaan, keluhan dan/atau aduan sehubungan dengan layanan yang diberikan Dhanapala kepada tim layanan pengaduan konsumen Dhanapala melalui kontak dibawah ini:
    1. Live-chat: sebagaimana dapat diakses pada Situs/Aplikasi; atau
    2. Email: bantuan@dhanapala.id.
  18. PEMBAHARUAN
    • Dhanapala berhak dari waktu ke waktu melakukan perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini, termasuk namun tidak terbatas pada menambahkan maupun mengurangi isi dan bagian dari Syarat dan Ketentuan ini. Perubahan atas Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku seketika dan efektif mengikat secara hukum bagi Pengguna pada saat Dhanapala menampilkannya dalam Situs/Aplikasi. Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Syarat dan Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun demi memahami ketentuan di dalamnya yang mengikat Pengguna. Dengan tetap mengakses dan menggunakan Situs/Aplikasi, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat dan Ketentuan ini.