Kebijakan Privasi

Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari PT Semangat Gotong Royong (selanjutnya disebut sebagai “Dhanapala”) untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi Pengguna situs www.dhanapala.id, situs-situs turunannya, serta aplikasi gawai Dhanapala (selanjutnya disebut sebagai “Situs/Aplikasi”).

Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari situs Dhanapala sebagaimana tercantum dalam "Syarat dan Ketentuan" dan informasi lain yang tercantum di Situs/Aplikasi) mengatur tentang perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan, dan/atau segala bentuk pengelolaan yang terkait dengan data atau informasi yang Pengguna berikan kepada Dhanapala atau yang Dhanapala kumpulkan dari Pengguna, termasuk data pribadi Pengguna, baik pada saat Pengguna melakukan pendaftaran di Situs/Aplikasi, mengakses Situs/Aplikasi, maupun mempergunakan layanan-layanan pada Situs/Aplikasi (selanjutnya disebut sebagai “Data”).

Dengan mengakses dan/atau mempergunakan layanan Dhanapala, Pengguna menyatakan bahwa setiap Data Pengguna merupakan Data yang benar dan sah, serta Pengguna memberikan persetujuan kepada Dhanapala untuk memperoleh, mengumpulkan, menyimpan, mengelola dan mempergunakan Data tersebut sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi maupun Syarat dan Ketentuan Dhanapala.

  1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pengguna

      Dhanapala mengumpulkan Data Pengguna dengan tujuan untuk menyediakan layanan Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada memproses fasilitas pinjaman Pengguna, memproses pelunasan fasilitas pinjaman Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Situs/Aplikasi, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun Data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

    1. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada Data yang diserahkan pada saat Pengguna:
      1. Membuat atau memperbarui akun Dhanapala, termasuk diantaranya nama Pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan informasi lainnya;
      2. Mengunggah data diri Pengguna sehubungan dengan penyediaan layanan pada Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada foto KTP, swafoto Pengguna, dan data diri lainnya.
      3. Informasi mengenai anggota keluarga, teman, penerima manfaat, pengacara, pemegang saham, pemilik manfaat, kuasa, orang-orang di bawah perwaliamanatan, wali amanat, penjamin, penyedia jaminan lainnya, dan/atau individu lainnya yang diberikan oleh Pengguna;
      4. Menghubungi Dhanapala, termasuk melalui layanan konsumen;
      5. Data kondisi finansial atau keuangan yang diserahkan oleh Pengguna untuk kebutuhan analisis risiko;
      6. Mengisi survei yang dikirimkan oleh Dhanapala atau atas nama Dhanapala;
      7. Mengisi data-data pembayaran pada saat Pengguna melakukan aktivitas pembayaran melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada data rekening bank, virtual account, instant payment, internet banking, dan gerai ritel;
      8. Menggunakan fitur yang membutuhkan izin akses terhadap perangkat Pengguna; dan/atau
      9. Data lain yang diserahkan melalui layanan pihak ketiga.
    2. Data yang terekam pada saat Pengguna mempergunakan Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. Data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi, geo-location, dan sebagainya;
      2. Data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna, termasuk aktivitas pendaftaran, login, pengajuan, pembayaran, dan lain sebagainya;
      3. Data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Situs/Aplikasi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik;
      4. Data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Situs/Aplikasi, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler, serta data tambahan lainnya yang dibutuhkan dengan mengacu ke permintaan akses aplikasi pada perangkat Pengguna;
      5. Data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima Data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban, dan/atau situs atau layanan pihak ketiga yang Anda gunakan sebelum berinteraksi dengan Situs/Aplikasi.
    3. Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk:
      1. Mitra usaha Dhanapala yang turut membantu Dhanapala dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Situs/Aplikasi kepada Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada mitra penyedia layanan pembayaran, mitra perusahaan telekomunikasi dan mitra-mitra lainnya.
      2. Mitra usaha Dhanapala tempat Pengguna membuat atau mengakses akun Dhanpala, seperti layanan media sosial, atau situs/aplikasi yang menggunakan API Dhanapala atau yang digunakan Dhanapala;
      3. Penyedia layanan finansial, termasuk lembaga atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP);
      4. Penyedia layanan pemasaran; dan/atau
      5. Sumber yang tersedia secara umum.
    4. Dhanapala dapat menggabungkan dan/atau mengolah Data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan Data lain yang dimilikinya.

  2. Penggunaan Data

      Dhanapala dapat menggunakan keseluruhan atau sebagian Data yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

    1. Memproses segala bentuk permintaan, pengajuan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
    2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan kami, termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. Menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan Dhanapala, maupun produk-produk lainnya melalui Situs/Aplikasi; dan/atau
      2. Melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada Situs/Aplikasi Dhanapala, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis Data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.
    3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan Layanan Pelanggan Dhanapala, diantaranya untuk:
      1. Memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
      2. Mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas Layanan Pelanggan yang tepat untuk mengatasi permasalahan; dan
      3. Mengawasi dan memperbaiki tanggapan Layanan Pelanggan Dhanapala.
    4. Menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, fax, dan lain-lain, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses pembayaran maupun proses penyelesaian kendala.
    5. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan dan keamanan layanan-layanan pada Situs/Aplikasi, serta mengembangkan fitur dan produk baru.
    6. Menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan lain-lain, baik melalui Situs/Aplikasi maupun melalui media lainnya. Dhanapala juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan Dhanapala dan mitra usahanya.
    7. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap kegiatan, aktivitas, atau transaksi yang mencurigakan dan/atau yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi terhadap kegiatan, aktivitas, atau transaksi tersebut.
    8. Dalam keadaan tertentu, Dhanapala mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan Data Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan hukum dan peraturan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Dhanapala.
  3. Pengungkapan Data Pribadi Pengguna

      Dhanapala menjamin tidak ada penjualan, pengalihan, distribusi atau meminjamkan Data pribadi Anda kepada pihak ketiga lain, tanpa terdapat izin dari Anda, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:

    1. Dibutuhkan adanya pengungkapan Data Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu Dhanapala dalam menyajikan layanan pada Situs/Aplikasi dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Situs/Aplikasi, termasuk memproses fasilitas pinjaman, transaksi, verifikasi pembayaran, dan lain-lain.
    2. Dhanapala dapat menyediakan informasi yang relevan kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang mana Dhanapala telah bekerjasama untuk mengantarkan promosi, kontes, atau layanan yang dikhususkan.
    3. Dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra usaha Dhanapala (seperti mitra pembayaran, mitra penagihan, dan lain-lain) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.
    4. Dhanapala dapat menyediakan informasi yang relevan kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma riset, penyedia layanan sejenis, dan/atau pihak ketiga lainnya, termasuk untuk kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga.
    5. Pengguna menghubungi Dhanapala melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Situs/Aplikasi, komunikasi antara Pengguna dan Dhanapala mungkin dapat dilihat secara publik.
    6. Dhanapala dapat membagikan informasi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan Data untuk dan atas nama Dhanapala.
    7. Dhanapala Tokopedia dapat membagikan informasi Pengguna kepada pihak ketiga, termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat kredit atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP), untuk dilakukan credit scoring atau penilaian kelayakan kredit.
    8. Dhanapala mengungkapkan Data Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum.
  4. Cookies
    1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu situs.
    2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses Data lain yang Pengguna miliki di perangkat komputer Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setujui untuk disampaikan.
    3. Walaupun secara otomatis perangkat komputer Pengguna akan menerima cookies, Pengguna dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Pengguna yaitu dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat membatasi layanan optimal pada saat melakukan akses ke Situs/Aplikasi).
    4. Dhanapala menggunakan fitur Google Analytics Demographics and Interest. Data yang kami peroleh dari fitur tersebut, seperti umur, jenis kelamin, minat Pengguna dan lain-lain, akan kami gunakan untuk pengembangan Situs/Aplikasi dan konten Dhanapala. Jika tidak ingin Data Anda terlacak oleh Google Analytics, Anda dapat menggunakan Add-On Google Analytics Opt-Out Browser.
    5. Dhanapala dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten Dhanapala, termasuk diantaranya ialah penyesuaian dan penyajian iklan kepada setiap Pengguna berdasarkan minat atau riwayat kunjungan. Jika Anda tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Anda dapat mengaturnya melalui browser.
  5. Pilihan Pengguna dan Transparansi
    1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS, Android, dan sebagainya) memiliki pengaturan sehingga aplikasi Dhanapala tidak dapat mengakses Data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Dhanapala pertama kali meminta akses terhadap Data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Dhanapala pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap Kebijakan Privasi.
    2. Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank melalui fitur Pengaturan pada Situs/Aplikasi.
    3. Pengguna dapat menarik diri dari informasi atau notifikasi berupa buletin, ulasan, diskusi produk, pesan pribadi, atau pesan pribadi dari Admin yang dikirimkan oleh Dhanapala melalui fitur Pengaturan pada Situs/Aplikasi. Dhanapala tetap dapat mengirimkan pesan atau email berupa keterangan pinjaman, transaksi, atau informasi terkait akun Pengguna.
    4. Sejauh diizinkan oleh ketentuan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi Dhanapala untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan Data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Situs/Aplikasi maupun layanan Dhanapala lainnya.
    5. Dhanapala akan menginformasikan kepada Pengguna apabila terjadi kegagalan terhadap perlindungan Data atau informasi rahasia Pengguna dengan cara melakukan pemberitahuan secara tertulis kepada Pengguna dengan menyertai alasan atau penyebab terjadinya kegagalan perlindungan tersebut paling lambat dalam jangka waktu 14 (empat belas) hari sejak diketahui adanya kegagalan tersebut.
  6. Penyimpanan dan Penghapusan Informasi
    1. Dhanapala akan menyimpan informasi selama akun Pengguna tetap aktif dan akan menyimpan Data akun Pengguna selama 5 (lima) tahun atau jangka waktu lain sesuai dengan ketentuan yang berlaku sejak akun Pengguna dinonaktifkan.
    2. Dhanapala akan melakukan penghapusan informasi akun Pengguna sesuai dengan ketentuan peraturan hukum yang berlaku.
  7. Pembaruan Kebijakan Privasi

      Dhanapala dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Dhanapala menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs/Aplikasi maupun layanan Dhanapala lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.