Kebijakan Privasi

Adanya Kebijakan Privasi ini adalah komitmen nyata dari PT Semangat Gotong Royong (selanjutnya disebut sebagai “Dhanapala”) untuk menghargai dan melindungi setiap data atau informasi pribadi Pengguna (sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan) situs www.dhanapala.id, situs-situs turunannya, serta aplikasi gawai Dhanapala (selanjutnya disebut sebagai “Situs/Aplikasi”).

Kebijakan Privasi ini (beserta syarat-syarat penggunaan dari situs Dhanapala sebagaimana tercantum dalam “Syarat dan Ketentuan” dan informasi lain yang tercantum di Situs/Aplikasi) mengatur tentang perolehan, pengumpulan, pengolahan, penganalisisan, penampilan, pembukaan, pengiriman, penyimpanan, perubahan, penghapusan, pengelolaan dan/atau segala bentuk penggunaan yang terkait dengan data atau informasi yang mengidentifikasikan atau dapat digunakan untuk mengidentifikasi Pengguna yang Pengguna berikan kepada Dhanapala atau yang Dhanapala kumpulkan dari Pengguna maupun pihak ketiga (selanjutnya disebut sebagai “Data Pribadi”). ).

Dengan mengklik “Buat Akun” atau pernyataan serupa yang tersedia di laman pendaftaran Situs/Aplikasi, Pengguna menyatakan bahwa setiap Data Pribadi Pengguna merupakan data yang benar dan sah, Pengguna mengakui bahwa ia telah diberitahukan dan memahami ketentuan Kebijakan Privasi ini serta Pengguna memberikan persetujuan kepada Dhanapala untuk memperoleh, mengumpulkan, mengolah, menganalisa, menampilkan, membuka, mengirim, menyimpan, mengubah, menghapus, mengelola, dan/atau mempergunakan Data tersebut untuk tujuan sebagaimana tercantum dalam Kebijakan Privasi ini. ).

  1. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi Pengguna

    Dhanapala mengumpulkan Data Pribadi Pengguna dengan tujuan untuk menyediakan layanan pada Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada memproses fasilitas Pinjaman (sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan) Pengguna, memproses pelunasan fasilitas pinjaman Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Situs/Aplikasi sebagaimana dijelaskan dalam Kebijakan Privasi ini, serta tujuan-tujuan lainnya selama diizinkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun Data Pribadi Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

    1. Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada Data yang diserahkan pada saat Pengguna:
      1. Membuat atau memperbarui akun Dhanapala, termasuk diantaranya nama pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan informasi lainnya;
      2. mengunggah Data Pribadi Pengguna sehubungan dengan pemilihan jenis akun Pengguna sebagai Pendana atau Peminjam (keduanya sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan), termasuk namun tidak terbatas pada foto KTP, swafoto Pengguna, dan Data Pribadi lainnya;
      3. informasi mengenai anggota keluarga, teman, penerima manfaat, pengacara, pemegang saham, pemilik manfaat, kuasa, orang-orang di bawah perwaliamanatan, wali amanat, penjamin, penyedia jaminan lainnya, dan/atau individu lainnya yang diberikan oleh Pengguna;
      4. menghubungi Dhanapala, termasuk melalui layanan penggunacustomer service
      5. data kondisi finansial atau keuangan yang diserahkan oleh Pengguna untuk kebutuhan analisis risiko;
      6. mengisi survei yang dikirimkan oleh Dhanapala atau oleh pihak ketiga yang bertindak atas nama Dhanapala;
      7. mengisi data-data pembayaran pada saat Pengguna melakukan aktivitas pembayaran melalui Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada data rekening bank, virtual account, instant payment, internet banking, dan gerai ritel; dan/atau
      8. menggunakan fitur pada Situs/Aplikasi yang membutuhkan izin akses ke data yang relevan yang tersimpan dalam perangkat Pengguna.
    2. Data yang terekam pada saat Pengguna mempergunakan Situs/Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi dangeo-location;
      2. data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna sehubungan dengan penggunaan Situs/Aplikasi, termasuk waktu pendaftaran, login, pengajuan Pinjaman, dan pembayaran Pinjaman;
      3. data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Situs/Aplikasi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik; dan/atau
      4. data perangkat, termasuk IMEI perangkat yang digunakan untuk mengakses Situs/Aplikasi pada perangkat Pengguna.
    3. Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. data berupa NIK, nama, tanggal lahir, swafoto, alamat, email, nomor telepon, nomor rekening, dan/atau NPWP dari mitra usaha Dhanapala yang turut membantu Dhanapala dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Situs/Aplikasi kepada Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada mitra penyedia layanan analisa dan penilaian risiko, mitra penyedia layanan pembayaran, mitra perusahaan telekomunikasi dan mitra-mitra lainnya;
      2. data berupa nama, email, dan/atau nomor telepon dari mitra usaha Dhanapala tempat Pengguna membuat atau mengakses akun Dhanpala, seperti layanan media sosial, atau situs/aplikasi yang menggunakan application programming interface (API) Dhanapala atau yang digunakan Dhanapala;
      3. data berupa NIK, nama ibu kandung, nama, nomor telepon, email, dan/atau tanggal lahir dari penyedia layanan finansial, termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat kredit atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP) serta lembaga, perusahaan, atau individu terkait dalam rangka analisa dan penilaian risiko yang dilakukan sehubungan dengan penilaian kelayakan Pengguna sebagai Peminjam; dan/atau
      4. data berupa email dari penyedia layanan pemasaran.
  2. Penggunaan Data Pribadi Pengguna

    Dhanapala dapat menggunakan Data Pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian sebelumnya untuk hal-hal sebagai berikut:

    1. Memproses segala bentuk permintaan, pengajuan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Situs/Aplikasi.
    2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki Situs/Aplikasi, produk, dan layanan Dhanapala, termasuk namun tidak terbatas pada:
      1. menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan Dhanapala, maupun produk-produk lainnya melalui Situs/Aplikasi; dan/atau
      2. melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada Situs/Aplikasi Dhanapala, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis Data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.
    3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan layanan pengguna Dhanapala, diantaranya untuk:
      1. memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
      2. mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas layanan pengguna yang tepat untuk mengatasi permasalahan;
      3. mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pengguna Dhanapala;
      4. Menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, fax, dan lain-lain, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses pembayaran maupun proses penyelesaian kendala, serta menyampaikan berita atau notifikasi lainnya sehubungan dengan perlindungan Data Pribadi Pengguna oleh Dhanapala, termasuk kegagalan perlindungan Data Pribadi Pengguna;
      5. Menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk guna meningkatkan keamanan layanan-layanan pada Situs/Aplikasi, serta mengembangkan fitur dan produk baru;
      6. Menginformasikan kepada Pengguna terkait produk, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan lain-lain, baik melalui Situs/Aplikasi maupun melalui media lainnya. Dhanapala juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan Dhanapala dan mitra usahanya.
    4. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap kegiatan, aktivitas, atau transaksi yang mencurigakan dan/atau yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau ketentuan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi terhadap kegiatan, aktivitas, atau transaksi tersebut.
    5. Dalam keadaan tertentu, Dhanapala mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan Data Pribadi Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan dan kewajiban peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Dhanapala, atau dugaan tindak pidana seperti penipuan atau pencurian data.
    6. Memfasilitasi transaksi penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi yang melibatkan Dhanapala.
  3. Pengungkapan dan Pengalihan Data Pribadi Pengguna
    1. Dhanapala berkomitmen untuk mejaga kerahasiaan dan integritas Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Dhanapala dan menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga lain, tanpa persetujuan dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:
      1. dibutuhkan adanya pengungkapan Data Pribadi Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu Dhanapala dalam menyajikan layanan pada Situs/Aplikasi dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Situs/Aplikasi, termasuk verifikasi kelayakan Pendana/Peminjam, memproses fasilitas pinjaman, transaksi, promosi, dan verifikasi pembayaran,.
      2. Dhanapala dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau situs lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang mana Dhanapala telah bekerjasama untuk menyelenggarakan promosi, perlombaan, atau pengajuan pinjaman.
      3. Dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra usaha Dhanapala (seperti mitra pembayaran, mitra penagihan, dan lain-lain) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.
      4. Dhanapala dapat menyediakan Data Pribadi Pengguna kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma/lembaga riset atau penyedia layanan sejenis dalam rangka kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga, peningkatan dan pemeliharan kualitas layanan Dhanapala, serta kegiatan publikasi lainnya.
      5. Pengguna menghubungi Dhanapala melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Situs/Aplikasi, yang mana komunikasi antara Pengguna dan Dhanapala mungkin dapat dilihat dan diketahui oleh khalayak ramai.
      6. Dhanapala dapat membagikan Data Pribadi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan Data untuk dan atas nama Dhanapala.
      7. Dhanapala dapat mengungkapkan dan/atau memberikan Data Pribadi Pengguna kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pelaksanaan credit scoring atau penilaian kelayakan kredit Pengguna.
      8. Dhanapala mengungkapkan Data Pribadi Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum atau instansi penyelenggara negara yang berwenang.
    2. Sehubungan dengan pengungkapan Data Pribadi Pengguna sebagaimana dijelaskan di atas, kami akan/mungkin perlu mengungkapkan Data Pribadi Pengguna kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait Dhanapala, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berlokasi di luar wilayah Indonesia. Meskipun demikian, penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut hanya akan mengelola dan/atau memanfaatkan Data Pribadi Pengguna sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.
  4. Cookies
    1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu situs.
    2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses Data lain yang Pengguna miliki di perangkat komputer Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setujui untuk disampaikan.
    3. Walaupun secara otomatis perangkat komputer Pengguna akan menerima cookies, Pengguna dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Pengguna yaitu dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat menghambat tersedianya layanan Dhanapala secara optimal pada saat Pengguna mengakses Situs/Aplikasi).
    4. Dhanapala menggunakan fitur Google Analytics Demographics and Interest. Data yang Dhanapala peroleh dari fitur tersebut, seperti umur, jenis kelamin, minat Pengguna dan lain-lain, akan Dhanapala gunakan untuk pengembangan Situs/Aplikasi dan konten Dhanapala. Jika Pengguna tidak ingin Data miliknya terlacak oleh Google Analytics, Pengguna dapat menggunakan Add-On Google Analytics Opt-Out Browser.
    5. Dhanapala dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten Dhanapala, termasuk diantaranya ialah penyesuaian dan penyajian iklan kepada setiap Pengguna berdasarkan minat atau riwayat kunjungan. Jika Pengguna tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Pengguna dapat mengaturnya melalui browser.
  5. Pilihan Pengguna dan Transparansi
    1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS dan Android) memiliki pengaturan sehingga aplikasi Dhanapala tidak dapat mengakses Data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Dhanapala pertama kali meminta akses terhadap Data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Dhanapala pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dalam perangkatnya.
    2. Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank melalui fitur pengaturan (settings) pada Situs/Aplikasi.
    3. Pengguna dapat menarik diri (opt-out) dari informasi atau notifikasi berupa buletin, ulasan, diskusi produk, pesan pribadi, atau pesan pribadi dari Admin yang dikirimkan oleh Dhanapala melalui fitur pengaturan pada Situs/Aplikasi. Dhanapala tetap dapat mengirimkan pesan atau email berupa keterangan pinjaman, transaksi, atau informasi terkait akun Pengguna.
    4. Sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi Dhanapala melalui layanan pengguna Dhanapala yang tersedia pada Kebijakan Privasi ini untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan Data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Situs/Aplikasi maupun layanan Dhanapala lainnya.
  6. Keamanan, Penyimpanan dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna
    1. Dhanapala melindungi setiap Data Pribadi Pengguna yang disimpan dalam sistemnya, serta melindungi data tersebut dari akses, penggunaan, modifikasi, pengambilan dan/atau pengungkapan tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan, termasuk kata sandi dan kode OTP (One Time Password) Pengguna.
    2. Walaupun Dhanapala telah menggunakan upaya terbaiknya untuk mengamankan dan melindungi Data Pribadi Pengguna, perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui Internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, Dhanapala tidak dapat menjamin 100% keamanan data yang disediakan atau dikirimkan kepada Dhanapala oleh Pengguna dan pemberian Data oleh Pengguna merupakan risiko yang ditanggung oleh Pengguna sendiri.
    3. Dhanapala akan menghapus dan/atau menganonimkan Data Pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Dhanapala apabila (i) Data Pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    4. Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa Data Pribadi Pengguna disimpan oleh pihak lain, termasuk instansi penyelenggara negara yang berwenang. Dalam hal kami membagikan Data Pribadi Pengguna kepada instansi penyelenggara negara yang berwenang dan/atau instansi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah yang berwenang atau memiliki kerja sama dengan Dhanapala, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan Data Pribadi Pengguna oleh instansi tersebut akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing instansi tersebut.
  7. Akses dan Perbaikan Data Pribadi Pengguna
    1. Dhanapala mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa Data Pribadi Pengguna diproses secara akurat dan lengkap. Namun demikian, penting bagi Pengguna untuk memberi tahu Dhanapala secara tepat waktu tentang segala perubahan pada Data Pribadi Pengguna atau jika ada kesalahan dalam Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Dhanapala.
    2. Pengguna berhak untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Dhanapala melalui layanan pengguna Dhanapala yang tersedia dalam Kebijakan Privasi ini.. Namun demikian, permohonan tersebut hanya akan diproses oleh Dhanapala apabila Pengguna telah menyerahkan bukti identitas yang memadai untuk melakukan akses atau koreksi terhadap Data tersebut. Dhanapala berhak menolak permohonan untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua Data Pribadi Pengguna yang Dhanapala miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana Data Pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau di mana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi adalah untuk alasan yang Dhanapala anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan.
    3. Dhanapala dapat membebankan biaya administrasi kepada Pengguna untuk menangani permintaan Pengguna untuk mengakses atau mengoreksi Data Pribadi Pengguna.
  8. Pengaduan terkait Perlindungan Data Pengguna
    1. Jika Pengguna memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan Dhanapala terhadap Data Pribadi Pengguna atau jika Pengguna yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna dapat menghubungi Dhanapala melalui layanan pengguna Dhanapala atau kepada kontak Dhanapala yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna.
    2. Dhanapala akan menyelidiki keluhan Pengguna dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Pengguna.
  9. Hubungi Kami

    Dalam hal Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap Data Pribadi miliknya, anda dapat mengakses layanan pengguna Dhanapala melalui laman dhanapala.id/pusat-bantuan/.

  10. Pembaruan Kebijakan Privasi

    Dhanapala dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Dhanapala akan menyampaikan perubahan atau pembaruan tersebut kepada Pengguna dan Pengguna diharapkan untuk membaca secara seksama dan memeriksa perubahan atau pembaruan tersebut. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Situs/Aplikasi maupun layanan Dhanapala lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.